Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
New Adventure of My Life

Sharing is Caring

Pengusaha Sukanto Tanoto Belajar Dari Kesalahan Sehingga Sukses

 

Di Indonesia, bidang entrepreneurship alias wirausaha memang masih minim peminat. Mayoritas masyarakat lebih memilih pekerjaan sebagai karyawan atau pegawai dengan kontrak kerja serta gaji bulanan yang pasti. Mereka beranggapan bahwa pekerjaan tersebut lebih minim resiko dibanding menjadi seorang wirausahawan. Tak heran jika banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi pegawai baik di institusi pemerintahan sebagai aparatur sipil negara, maupun di berbagai perusahaan swasta.

Padahal, dengan menjadi seorang pengusaha dan memiliki bisnis sendiri, seseorang bisa mendapatkan manfaat tidak hanya untuk dirinya sendiri melainkan bagi lingkungan sekitarnya bahkan negara. Dengan membangun bisnis sendiri, maka otomatis akan membuka lapangan pekerjaan yang dapat memberdayakan orang-orang di lingkungan sekitar. Hal ini artinya mengurangi pengangguran yang ada sehingga dapat meringankan beban negara. Namun rupanya masih banyak masyarakat yang belum sadar akan hal ini. Kebanyakan dari mereka masih ragu mengenai modal, juga bagaimana cara menjalankan usahanya nanti.

Jika Anda berminat memiliki bisnis sendiri namun masih menyimpan sejumlah kekhawatiran, ada baiknya untuk menyimak kisah sukses sekaligus tips berbisnis dari pengusaha ternama di Indonesia yakni Sukanto Tanoto berikut ini. Beliau merupakan pengusaha yang masuk dalam daftar 20 besar orang terkaya di Indonesia. Siapa sangka, pimpinan Royal Golden Eagle Grup ini tidak terlahir di keluarga kaya yang bergelimang materi. Alih-alih hidup nyaman dengan segala kebutuhan tersedia, Sukanto Tanoto terlahir di keluarga miskin dan menjalani masa kecilnya dengan penuh kepahitan. Beliau bahkan harus rela untuk tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi karena keterbatasan finansial. Kondisi ekonomi keluarganya sedang tidak stabil, dan beliau harus bertanggungjawab mengurus segala kebutuhan keluarganya sehingga tidak ada pilihan lagi selain berhenti bersekolah.

Meski tidak bisa mencicipi bangku sekolah formal, namun Sukanto Tanoto yang juga pemilik dari Royal Golden Eagle Grup ini tidak menyarankan mereka yang ingin sukses berbisnis untuk berhenti bersekolah. Sebaliknya, pengusaha sukses ini justru menekankan betapa pentingnya pendidikan untuk masa depan yang lebih baik. Hal ini beliau ungkapkan dalam acara Tanoto Entrepreneurship Series yang diadakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia pada tahun 2014 silam. Dengan audiens para mahasiswa Magister Manajemen, Sukanto Tanoto meminta agar calon pemimpin Indonesia di masa depan ini untuk tetap melanjutkan pendidikannya demi kesuksesan di masa depan. Beliau mengakui bahwa pendidikan telah menjadi fokus utamanya dan sang istri, Tinah Bingah Tanoto, meski keduanya tidak dapat menyelesaikan pendidikan secara formal. Kepedulian ini mereka wujudkan dalam bentuk bantuan dana beasiswa bagi para pelajar dan mahasiswa untuk kelangsungan pendidikan mereka. Inilah yang menjadi rahasia sukses berbisnis dari Sukanto Tanoto, yakni untuk selalu belajar tanpa kenal lelah dan tanpa memedulikan berbagai hambatan yang merintangi. Tak lupa pula untuk selalu belajar dari kesalahan yang terjadi, jangan jadikan kesalahan sebagai langkah untuk menyerah, namun jadikan kesalahan sebagai evaluasi di masa yang akan datang. Ini juga sekaligus menjadi rahasia sukses Royal Golden Eagle Grup yang dirintisnya sejak nol hingga memiliki aset miliaran rupiah seperti saat ini.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post